Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan

Persiapan dimulainya pertandingan diawali dengan masuknya Wasit dan Juri ke gelanggang dari sebelah kanan Ketua Pertandingan. Menentang, menghina, mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan, meludahi, mamancing-mancing dengan suara berlebihan terhadap lawan maupun terhadap Aparat Pertandingan Delegasi Teknik, Ketua Pertandingan, Dewan Wasit Juri dan Wasit Juri.

Penimbangan ulang berat badan tidak sesuai dengan ketentuan. Lawan dapat memegang tangan atau bahu sehingga tidak terjadi proses jatuhan.

PERATURAN PERTANDINGAN PENCAK SILAT ANTARABANGSA

Peringatan I, jika pesilat mendapat teguran ke-3 dalam satu babak akibat pelanggaran ringan. Ikut terjatuh waktu melakukan teknik jatuhan. Teguran, diberikan bila pesilat melakukan pelanggaran ringan.

Ekstra besar, besar, sedang dan kecil. Pakaian Pesilat petanding memakai pakaian Pencak silat model standart warna hitam sabuk putih.

Peraturan Pertandingan Silat IPSI

Wasit memanggil kedua Pesilat pada saat keputusan pemenang akan diumumkan dan pemenang diangkat tangannya oleh Wasit, dilanjutkan dengan memberi hormat kepada Ketua Pertandingan. GANDA terdiri atas: Lawan melakukan pelanggaran berat yang diberikan hukuman langsung diskualifikas f. Perlengkapan pengeras suara Sound System.

Melakukan pelanggaran berat yang didorong oleh unsur-unsur kesengajaan dan bertentangan dengan norma sportivitas. Bersama delegasi teknik dan ketua pertandingan menjawab protes dari official. Melakukan pelanggaran berat dengan hukuman peringatan I, dan lawan cidera tidak dapat melanjutkan pertandingan atas keputusan Dokter Pertandingan.

Kenapa pembagian kelas pertandingan bela diri selalu menggunakan berat badan?

Pertandingan pencak silat dilakukan dalam 3 babak, dangan masing-masing babak selama 2 menit dan istirahat antara babak 1 menit. Menang mutlak Penentuan menang mutlak adalah bila lawan jatuh karena serangan yang sah dan menjadi tidak bangkit segera dan atau nanar, maka setelah hitungan Wasit ke 10 dan tidak dapat berdiri tegak dengan sikap pasang.

Penjelasan Aspek dan Pertandingan Pencak Silat

Penghitungan terhadap Pesilat yang jatuh karena serangan yang sah, tidak termasuk waktu bertanding. Nilai — 10 kurang 10 diberikan bagi Pesilat yang mendapat peringatan II 6. Bidang gelanggang berbentuk segi empat bujur sangkar dengan ukuran 10 m x 10 m.

Mengenakan assesoris apapun selain pakaian Pencak Silat, Assesoris yang tidak boleh dipergunakan tersebut antara lain: Peragakan teknik tendangan yang sah pada bidang sasaran.

Pelanggaran Berat Mendapat teguran yang ketiga akibat pelanggaran ringan Setelah Peringatan I masih dapat di berikan teguran terhadap pelanggaran ringan 3. Penimbangan ulang 4. Menang karena pertandingan tidak seimbang 5.

Penimbangan Ulang dilakukan 15 lima belas menit sebelum pesilat yang bersangkutan mengikuti pertandingan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Disediakan oleh komiti Pelaksana. Penimbangan harus disaksikan oleh petugas penimbangan dan anggota Wast Juri yang ditugaskan untuk itu, serta oleh kedua official tim.

Wasit memanggil kedua pesilat pada saat keputusan pemenang akan diumumkan dan pemenag diangkat tangannya oleh wasit,selanjutnya dengan memberi hormat kepada penonton. Penentuan Kemenangan Menang Angka: Apabila teknik menjatuhkan itu disertai menangkap anggota tubuh lawan harus merupakan usaha pembelaan diri suatu serangan atau menggunakan serangan pendahuluan, tidak boleh disertai dengan serangan langsung, tetapi dapat dilakukan dengan mendorong atau menyapu.

Perlengkapan Pertandingan Pencak Silat

Nilai — 1 kurang 1 diberikan bagi Pesilat yang mendapat tegoran I b. Bila terjadi hasil nilai yang sama maka pemenang ditentukan berdasarkan Pesilat yang paling sedikit mendapat nilai hukuman.11/10/ · Untuk timbangan ulang, pesilat putra / putri harus berpakaian Pencak Silat yang kering tanpa sabuk, pelindung kemaluan dan pelindung sendi untuk semua kelas.

Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat badan dalam penimbangan ulang menurut kelas yang diikutinya, dikenakan sanksi diskualifikasi. Pertandingan dimainkan sesuaikan dengan ketentuan kategori yang diatur dalam peraturan pertandingan & dipimpin oleh pelaksana teknis pertandingan yang sah.

Pasal 1: Kategori Pertandingan Pencak Silat terdiri dari: 1. Kategori TANDING adalah: Kategori yang menampilkan 2 orang Pesilat dari kubu yang berbeda.

2. Kategori tanding adalah kategori pertandingan pencak silat yang menampilkan dua orang pesilat dari dua kubu berbeda dan saling berhadapan.

Dalam pertandingan kategori tanding, pesilat saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan pencak silat, yaitu menangkis/mengelak, menggenakan sasaran dan menjatuhkan lawan. 2/21/ · Dalam pertandingan pencak silat, ada beberapa ketentuan.

Dalam hal ini syarat yang harus terpenuhi. Menurut berat badan, pesilat dibagi dalam kelas-kelas: Golongan Remaja: 1 Kelas A No Kelas dan golongan Berat badan (Kg) 1 Kelas A 2 Kelas B 3 Kelas C 4 Kelas D ancientmarinerslooe.comlongan pertandingan Pencak Silat menurut umur dan jantina untuk semua kategori terdiri atas: Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori tanding yang dilakukan dengan penimbangan ancientmarinerslooe.comangan pertama dilakukan sekurang-kurangnya 6 (enam) jam sebelum dimulainya pertandingan pertama dalam satu kejuaraan.

Pembagian Kelas dalam Pencak Silat Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat dibagi menurut beberapa jenis, yaitu umur dan berat badan. Menurut umur kelas terbagi 3 golongan, masing-masing sebagai berikut: a.

Remaja ( tahun) b. Taruna ( tahun) c. Dewasa (21 – 35 tahun) Menurut berat badan kelas-kelas dibagi dalam: a.

PERATURAN PERTANDINGAN IPSI

Golongan.

Pembagian kelas dalam pertandingan pencak silat menurut berat badan
Rated 5/5 based on 7 review